Articles

MENGAJAR STUDIO INTERIOR DENGAN PRAKTEK

In yang asyik on Maret 23, 2009 by mappaturi

Awalnya saya memikirkan bagaimana kuliah interior yang akan saya bawakan ini menjadi menyenangkan dan mahasiswa dapat memahami materi-materi yang harus saya sampaikan. Apalagi materi yang saya sampaikan berdasarkan SAP yang ada, semuanya hampir berupa teori. Bila saya sampaikan dalam bentuk presentasi dengan menggunakan powerpoint, rasanya sistem ini sudah banyak digunakan sehingga mungkin mahasiswa akan bosan dan tidak mendengarkan. Apalagi saya ingat ajaran Kualitas Jaminan Mutu (KJM) UIN Malang dipelatihan sistem mengajar yang saya dapat sewaktu awal menjadi CPNS di UIN Malang, mahasiswa dapat menerima pelajaran di awal perkuliahan hanya sampai 7 menit pertama kemudian 5 menit terakhir. Setelah itu apabila metodenya tetap (tanpa guyonan ataupun perubahan sistem pengajaran) materi yang kita sampai akan lewat begitu saja masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan mahasiswa (atau sebaliknya, tergantung suara sampai di telinga mana dulu, he2).
Karena kebetulan saya juga aktif menjalankan profesi saya sebagai seorang arsitek, saya banyak terinsiprasi dari pengalaman-pengalaman mengerjakan proyek interior disana sini. Akhirnya kemudian saya mendapatkan cara dengan menggunakan sebuah maket ruangan berukuran 4x4m dengan skala 1:10. Maket ini akan menjadi lembar kerja mahasiswa setiap minggu. Setelah mendapatkan pengantar teori selama 7 menit, kemudian mereka mengaplikasikannya pada lembar kerja mereka. Hasilnya dapat dilihat seperti karya-karya mahasiswa di bawah ini:
maket interiormaket interior2

dengan kuliah sistem praktek ini diharapkan intuisi mahasiswa dalam mendesain dapat lebih berkembang..amin

Tinggalkan Balasan

