Archive for Maret 30th, 2009

Articles

MEMPELAJARI TEORI RANGKA BATANG DAN RANGKA RUANG DENGAN SISTEM ”LEARNING BY DOING”

In yang asyik on Maret 30, 2009 oleh mappaturi

Struktur Konstruksi 03 adalah kuliah mengenai bangunan bentang lebar. Inti pelajarannya sebagian besar adalah teori, yang kemudian nanti di akhir kuliah mahasiswa diberikan tugas gambar dan membuat maket sebagai aplikasi dari semua materi pokok struktur bentang lebar yang dipelajari selama kurang lebih 10 kali pertemuan. Pada awal mengajar dulu di angkatan 2004-2005, sistem ini sudah saya gunakan. Namun rasanya pada awal-awal kuliah, mahasiswa yang dapat menangkap apa yang saya ajarkan hanya 80%. Ini terbukti saat  UTS, nilai baik (75<) hanya diperoleh oleh kurang lebih 80% mahasiswa.

Saya kemudian berusaha mencari teknik pengajaran yang menyenangkan namun mahasiswa juga dapat lebih menerima. Akhirnya disetiap materi pokok, kami belajar dengan diawali diskusi kecil, kemudian aplikasi dengan membuat miniatur dan sebelum mengakhiri kuliah, kita bersama-sama membuat kesimpulan mengenai sistem struktur yang kita pelajari saat itu.

Untuk materi awal, yaitu rangka ruang dan rangka batang, mulai saya coba dengan mengajak mahasiswa perkelompok untuk melihat miniaturnya. kemudian dari miniatur tersebut kita ujikan dengan beban yang diskalakan. Hasilnya mahasiswa dapat mengetahui bagian batang-batang mana yang terlebih dahulu mengalami deformasi atau bahkan sampai patah. proses ini kemudian dianalisis berdasarkan teori yang ada untuk mencari penyebab terjadinya deformasi ataupun patahan. Setelah itu dicari penyelesaian untuk mengatasi masalah yang ada.

28032009374 28032009375

Gambar mahasiswa dengan belajar struktur rangka ruang.

Sistem ini rasanya cukup berhasil. Apalagi bila di materi struktur Rangka Batang dan Rangka Ruang. Karena memang agak susah membedakan keduanya, apalagi dalam bentuk 3D. Sehingga selain mahasiswa paham bentuknya, juga dapat memahami analisa strukturnya secara arsitektural.

Setelah menyelesaikan kurang lebih 8 Materi Pokok Struktur Bentang Lebar, mahasiswa kemudian diminta untuk menggabungkannya dalam satu bentuk tugas besar. Mahasiswa diminta untuk mendesain sebuah bangunan bentang lebar, dengan menggabungkan minimal 5 sistem struktur BL. tujuan penggabungan adalah untuk meningkatkan intuisi juga kreatifitas mahasiswa dalam merancang, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah struktur yang digunakan.

Sedangkan hasil akhir tugas besar dapat dilihat dengan foto-foto berikut:

24032009349 24032009355 24032009362

foto-foto karya maket Mahasiswa Arsitektur Angkatan 2006

Articles

Desain/konstruksi interior R Pimpinan FK UB

In karya on Maret 30, 2009 oleh mappaturi

Alhamdulillah, Allah memberikan kesempatan kepada saya dan Istri saya (RR. Putri, ST) untuk berkarya mendesain dan mengerjakan ruang Pimpinan dan Karyawan FK Unibraw.

Ide awal yang terlintas di benak saya, adalah rasa takut bila masuk ke ruang pimpinan, dan saya rasa ini juga akan dialami oleh sebagian besar orang selain saya. Untuk itu kemudian saya berusaha mencoba mengganti suasana interior ruang pimpinan menjadi suasana kekeluargaan dan keakraban. Agar antara pimpinan dan bawahan dengan suasana kekeluargaan dapat tercipta diskusi yang baik meskipun dalam suasana formal.
dekan

gbr ruang Dekan

desain-pd2 desain-pd2-zoom desain-pd1

gbr ruang PD2 dan zoom meubel meja           gambar Ruang PD1

Semua pewarnaan Meubel di ruang Pembantu dekan sengaja saya bedakan guna indentitas atau penandaan ruang dan saya sesuaikan dengan selera Bapak/Ibu PD sebagai pengguna ruang. Untuk pemilihan warna dinding, saya pilih warna yang tetap menampilkan kesan elegan, sehingga suasana formal tetap tercipta meskipun tidak dominan.

Saya juga memanfaatkan/memodifikasi white board dengan menggabungkannya dengan lukisan di dinding yang berguna untuk menutupi catatan-catatan rapat yang belum boleh dihapus bila ada tamu-tamu dari luar.

desain-papan-tulis-doble-fungsi

Sedangkan istri saya menciptakan suasana ruang karyawan yang juga asyik namun tidak kaku. Ketidakkakuannya ini diaplikasikan dari banyaknya garis-garis lengkung.  Selain itu, masih banyak teknik-teknik baru yang kami aplikasikan disini termasuk loket yang lebih bernuansa santai. Hal ini dapat dijadikan pelajaran bagi mahasiswa bila mendapat tugas desain interior…
rg-karyawan img_1508 img_1510

lebih jelasnya silahkan jalan-jalan ke Fakultas kedokteran lantai 5 UB, he2…