Articles

MEMPELAJARI TEORI RANGKA BATANG DAN RANGKA RUANG DENGAN SISTEM ”LEARNING BY DOING”

In yang asyik on Maret 30, 2009 by mappaturi

Struktur Konstruksi 03 adalah kuliah mengenai bangunan bentang lebar. Inti pelajarannya sebagian besar adalah teori, yang kemudian nanti di akhir kuliah mahasiswa diberikan tugas gambar dan membuat maket sebagai aplikasi dari semua materi pokok struktur bentang lebar yang dipelajari selama kurang lebih 10 kali pertemuan. Pada awal mengajar dulu di angkatan 2004-2005, sistem ini sudah saya gunakan. Namun rasanya pada awal-awal kuliah, mahasiswa yang dapat menangkap apa yang saya ajarkan hanya 80%. Ini terbukti saat  UTS, nilai baik (75<) hanya diperoleh oleh kurang lebih 80% mahasiswa.

Saya kemudian berusaha mencari teknik pengajaran yang menyenangkan namun mahasiswa juga dapat lebih menerima. Akhirnya disetiap materi pokok, kami belajar dengan diawali diskusi kecil, kemudian aplikasi dengan membuat miniatur dan sebelum mengakhiri kuliah, kita bersama-sama membuat kesimpulan mengenai sistem struktur yang kita pelajari saat itu.

Untuk materi awal, yaitu rangka ruang dan rangka batang, mulai saya coba dengan mengajak mahasiswa perkelompok untuk melihat miniaturnya. kemudian dari miniatur tersebut kita ujikan dengan beban yang diskalakan. Hasilnya mahasiswa dapat mengetahui bagian batang-batang mana yang terlebih dahulu mengalami deformasi atau bahkan sampai patah. proses ini kemudian dianalisis berdasarkan teori yang ada untuk mencari penyebab terjadinya deformasi ataupun patahan. Setelah itu dicari penyelesaian untuk mengatasi masalah yang ada.

28032009374 28032009375

Gambar mahasiswa dengan belajar struktur rangka ruang.

Sistem ini rasanya cukup berhasil. Apalagi bila di materi struktur Rangka Batang dan Rangka Ruang. Karena memang agak susah membedakan keduanya, apalagi dalam bentuk 3D. Sehingga selain mahasiswa paham bentuknya, juga dapat memahami analisa strukturnya secara arsitektural.

Setelah menyelesaikan kurang lebih 8 Materi Pokok Struktur Bentang Lebar, mahasiswa kemudian diminta untuk menggabungkannya dalam satu bentuk tugas besar. Mahasiswa diminta untuk mendesain sebuah bangunan bentang lebar, dengan menggabungkan minimal 5 sistem struktur BL. tujuan penggabungan adalah untuk meningkatkan intuisi juga kreatifitas mahasiswa dalam merancang, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah struktur yang digunakan.

Sedangkan hasil akhir tugas besar dapat dilihat dengan foto-foto berikut:

24032009349 24032009355 24032009362

foto-foto karya maket Mahasiswa Arsitektur Angkatan 2006

4 Tanggapan to “MEMPELAJARI TEORI RANGKA BATANG DAN RANGKA RUANG DENGAN SISTEM ”LEARNING BY DOING””

  1. salam,
    saya adalah mahasiswa teknik sipil PT swasta di Bandung…saya ada beberapa pertanyaan mengenai rangka batang.
    1.pengertian dari rangka batang itu apa?
    2.sekarang lagi marak2nya baja ringan, itu termasuk rangka batang, nah SNI tentang rangka batang utk baja ringan sudah ada blm?
    3.teori-teori rangka batang bukunya apa aja?

    • Rangka batang adalah susunan elemen-elemen linear yang membentuk segitiga atau kombinasi segitiga, sehingga menjadi bentuk rangka yang tidak dapat berubah bentuk apabila diberi beban eksternal tanpa adanya perubahan bentuk pada satu atu lebih batangnya. (Schodek, 1998:135). Menurut saya, anda sebagai mahasiswa sipil, harusnya bertanyalah pada dosen sipil, karena cakupan pemahaman struktur antara arsitektur dan sipil akan jauh berbeda. tuntutan arsitektur hanya memahami logikanya, kalau anda lebih hebat lagi karena harus menguasai perhitungannya…so belajar lagi ya..tar saya diberitahu bila ada yang beda.
      2. baja ringan termasuk rangka batang sederhana
      3. bukunya banyak sekali, salah satunya karangan daniel L.Schodek.

  2. MAKETNYA BAGUS BGT ………..KAYANYA KULIAH KALIAN AMAT MENYENAKAN …..DENGAN DOSEN YANG BEGITU PROPESIONAL DALAM MENGAKARKAN MATA KULIAH……….BAGA BAGET…LAW PUNYA DOSEN KAYA GTO………SAYA JUGA KULIAH ARSITEKTUR…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: