Articles

MEDINAH 2

In Di Tanah Haram on November 12, 2009 by mappaturi

Ada banyak hal baru berada di daerah baru. Bila di Indonesia, hotel bintang 3 apalagi sampai berbintang 5, mestinya jika memiliki toko di dalamnya, tokonya akan sangat elite dan bisa jadi barang-barangnya mahal. Di madinah, mungkin karena tuntutan pasar, sehingga meskipun berada di bawah hotel berbintang, tapi rasanya seperti di pasar. Harganya pun masih relatif murah. Hal yang istimewa yang saya lihat di hampir setiap toko adalah lampu-lampu yang digunakan sangat banyak. Jangan membayangkan sangat banyak itu berkisar 10 lampu, tapi dalam sebuah toko ukuran 3 x 3 m,jumlah lampu yang digunakan sekitar 200 lampu. Lihat saja foto berikut:

22052009655

Gambar Ini adalah gambar lampu dengan jarak sekitar 20cm antara masing-masing lampu

Saya sempat berdiskusi dengan pemilik toko menanyakan biaya listrik yang harus dia bayar setiap bulan, dan dia menjawab enteng, yang dibayar perbulan cuma biaya sewa toko sebesar Rp.200 real, sedangkan listriknya tidak perlu dibayar, karena di arab, energi untuk bahan listrik yaitu minyak masih berlimpah ruah, Subhanallah..
Saya membayangkan kreatifitas arsitek disini untuk teknik lighting mestinya bisa sangat maksimal ya..karena pengalaman saya di Indonesia, untuk beberapa klien yang saya temui, selalu menitip pesan sebelum didesain agar lampunya pakai yang sedikit saja biar bayar listriknya tidak mahal. Padahal karya arsitek, utamanya interior, biasanya akan sangat menarik bila dipadukan dengan teknik lighting yang baik dan maksimal. Tapi adik-adik jangan berkecil hati, saya tetap bisa kok ternyata memberikan hasil interior yang baik meskipun lightingnya tidak maksimal, tapi memang harus dipadukan dengan kreatifitas yang baik, sehingga meskipun lightingnya hanya menggunakan sedikit lampu, namun ditempatkan pada area-area yang tepat, kesan ruang yang diberikan juga menjadi jauh lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: